Mahasiswa UNIPAS Lolos Penilaian PHP2D Kemendikbud RI Tahun 2020

Unipas

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasifik (UNIPAS) Morotai lolos seleksi dalam pemilihan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Republik Indonesia (RI) tahun 2020. Hal ini berdasarkan Surat Pengumuman Nomor: 1672/E2/KM/2020 tentang Pengumuman PHP2D pada tanggal 5 Agustus tahun 2020.

Basrun M. Tandina sebagai ketua kelompok dari HMJ Teknik Lingkungan mengajukan proposal dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatan Air Hujan  Dengan Sistem Penanaman dan Pemanenan Di Desa Juanga”. Sementara Dudy Afrizal Idrus ketua kelompok dari BEM FPIK menawarkan judul proposal “Pemanfaatan Daging Ikan Tuna Sebagai Kerupuk Kamplang Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Momojiu Kecamatan Morotai Selatan”. Disetiap kelompok didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Hartati Kapita, ST.,MT sebagai pendamping dari kelompok HMJ Teknik lingkungan dan Iswadi Wahab, S.Pi.,M.Si pendamping dari BEM FIPK.

Almukmin Umar, ST.,MT, kepala bagian (Kabag) Kemahasiswaan turut menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang lulus dalam seleksi tersebut. Selamat buat mereka yang lulus PHP2D, semoga ini bisa menjadikan mereka lebih semangat dalam mengikuti kegiatan yang lain dan menjadikan contoh bagi mahasiswa UNIPAS Morotai agar terus berkreatifitas di bidang ilmu pengetahuan, katanya

Lanjut Almukmin, semoga kedepan mahasiswa UNIPAS Morotai secara keseluruhan untuk bisa mengikuti kegiatan seperti ini atau yang lainnya agar bisa mempertahankan dan membuktikan eksistensi sebagai mahasiswa, tuturnya.

Di waktu yang bersamaan, Wakil Rektor (Warek) tiga UNIPAS Morotai Amrin Sibua, S.Pd.,M.Pd. mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas capaian yang diperoleh mahasiswa. Kami bersyukur dan bangga atas keberhasilan mahasiswa UNIPAS yang lolos seleksi, ungkapnya. Dia (Amrin) juga menambahkan bahwa organisasi kemahasiswaan UNIPAS Morotai yang mengajukan proposal PHP2D tahun 2020 dinilai oleh tim dari Dirjen Belmawa KEMENDIKBUD RI dinyatakan Lulus dan proposalnya didanai.

 

 

Lanjut Amrin, ini tentu sebuah prestasi yang patut diapresiasi dengan harapan agar kedepan semua organisasi intera kampus lebih kreatif dan inovatif untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yang tergabung dalam semua lembaga kemahasiswaan di lingkup UNIPAS. Dia juga menambahkan tahun lalu (2019) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNIPAS juga lolos proposalnya didanai dengan kegiatan yang sama. Terangnya.

Menurutnya, Ini membuktikan bahwa mahasiswa UNIPAS Morotai juga tidak kalah produktifnya dengan kampus ternama lainnya. Dia juga berharap agar organisasi kemahasiswaan yang proposalnya didanai agar intens melakukan bimbingan dengan dosen pembimbingnya sehingga bisa dilaksanakan secara terukur dan berdaya guna, terutama bagi desa yang dijadikan mitra pada kegiatan tersebut. Pungkasnya. (Surdin)

#UNIPAS_JAYA