Foto Wisuda Perdana Universitas Pasifik Morotai

MOROTAI – Setelah melaksanakan wisuda angkatan pertama pada tahun 2018 kemarin. Kini, Universitas Pasifik (Unipas) Pulau Morotai kembali wisudahkan mahasiwanya yang kedua kalinya pada bulan Desember 2019 nanti.

”Jadi sesuai rencana itu bulan Desember wisudah, namun untuk tanggal wisudah itu kita belum bisa pastikan,” kata Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan Unipas Pulau Morotai, Amrin Sibua, ketika ditemui media ini di gedung rektorat Kampus, Rabu (28/8).

Dirinya mengaku, ”Untuk jumlah mahasiswa secara keseluruhan yang akan diwisudakan di angkatan kedua ini kami belum tahu pasti. Kalau untuk jumlah mahasiswa yang akan wisuda kita belum bisa pastikan berapa banyak, karena kita harus sesuaikan dengan mahasiswa yang sudah naik ujian skripsi atau pelaksanaan Yudisium. Karena setelah ujian skripsi nomor seri ijazah dibooking dulu baru kita tahu pasti berapa yang akan wisuda, karena sekarang sistemnya sudah menggunakan PIN atau nomor seri Ijazah nasional,” akunya.

Lanjut Warek, namun tidak menutup kemungkinan, peserta wisuda di angkatan ke II nanti jauh lebih banyak dari wisudah perdana. ”Wisuda angkatan ke II kali ini akan lebih banyak di bandingkan dengan wisuda di angkatan pertama, karena wisuda angkatan pertama itu hanya terdapat 5 program studi (Prodi), tetapi kali ini sudah 8 prodi yang ikut wisuda. Jadi tahun lalu itu hanya Prodi PGSD, Bahasa Inggris, Ilmu Kelautan, ADN dan Teknik Sipil. Namun, wisuda tahun ini sudah 8 Prodi, karena ada penambahan 3 Prodi yang baru di akreditasi yaitu, Prodi Matematika, THP dan Lingkungan. Makanya bisa di pastikan tahun ini pasti lebih banyak dari wisudah sebelumnya,” jelas Warek

Ditanya berapa jumlah Prodi yang belum terakreditasi, dirinya mengaku, di Unipas Pulau Morotai ada 11 Prodi, namun 8 Prodi lainnya sudah terakreditasi sedangkan tiga Prodi masih menunggu pemeriksaan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Ketiga prodi yang belum terakreditasi diantaranya, Prodi Teknik Informatika, Teknik Industri dan Akuntansi, tetapi ketiga Prodi ini hanya menunggu pemeriksaan saja dari BANPT, karena kita sudah usulkan dan borangnya juga sudah kita masukan. Insya Allah Wisudah kali ini semua Prodi sudah terakreditasi,” tutup Warek.

(Sumber : gamalamanews)